27 Juni 2016

Tari Jaipong, Tari Khas Sunda

Tari Jaipong, Tari khas sunda
Tari Jaipong
Tari jaipong adalah tarian tradisional sunda yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Tarian ini diciptakan oleh seniman berdarah sunda yaitu H. Suanda, dan dikenalkan kepada masyarakat Bandung oleh Gugum Gumbira.

Tari Jaipong dijadikan salah satu icon guna mempromosikan kekayaan daerah terhadap dunia luar baik dalam negeri maupun mancanegara. Tak heran jika dari tahun 90-an hingga sekarang pengunjung obyek wisata di Bandung secara perlahan meningkat, sedikit banyak hal ini disebabkan oleh rasa penasaran masyarakat luar terhadap daerah Bandung yang mengiringi nama tari jaipong.

Pada awal kemunculan nya jaipong menjadi sebuah tarian unik dan menarik yang diiringi oleh alat musik Degung. Keunikan tarian ini yaitu dari gerakan tari yang terlihat ceria, energik, dan humoris. Tak heran jika pementasan kesenian daerah dari wilayah sunda ini sering mengundang tawa geli bagi para penikmatnya.
Jaipongan merupakan tarian dengan mengkolaborasikan berbagai macam gerakan seperti gerakan tari ketuk tilu, tari ronggeng, dan juga beberapa gerakan pencak silat.
Selain dikenal dengan sebutan jaipongan tarian ini juga merupakan kesenian tari yang berjenis tari pergaulan. Keunikan gerakan dalam sebuah pementasan tari ini kemudian mendongkrak keberadaan tari jaipong sebagai salah satu kesenian tradisional andalan dari Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar